Kamis, 30 Juni 2011

Tip Meremajakan kulit dg buah buahan




Mereka yang peduli pada kecantikan kulitnya tentu sudah tak asing lagi dengan antioksidan, zat yang ampuh mencegah penuaan dini. Bukan cuma menjaga kecantikan, antioksidan juga penting untuk menjauhkan kita dari berbagai penyakit.


Dibandingkan mengonsumsi suplemen, lebih baik penuhi kebutuhan tubuh akan antioksidan lewat makanan segar sehari-hari. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan berikut ini.

Tomat
Si merah segar ini bisa membuat kulit terlindung dari kerusakan akibat sinar matahari yang menyebabkan penuaan dini. Tomat yang banyak dipakai untuk memasak ini, kaya akan zat antioksidan yang disebut likopen. Ia akan membuat kulit terlindung dengan cara menetralkan molekul yang merusak struktur kulit. Selain itu tomat juga memiliki kandungan anti radang untuk mengatasi kulit terbakar.

Pisang
Ini adalah masternya untuk mengatasi wajah atau mata bengkak. Pisang mengandung potasium yang akan membuat cairan dalam sel seimbang sehingga mencegah cairan terikat dan membuat kulit terlihat bengkak. Potasium juga menghindarkan kulit dari kekeringan dan noda kulit dengan cara menjaga keseimbangan kadar asam dalam tubuh.

Blueberry
Blueberry disebut-sebut sebagai buah pencegah penuaan yang paling baik. Buah berwarna biru keunguan ini kaya akan vitamin C dan antioksidan. Vitamin C juga penting untuk produksi kolagen sehingga kulit terlihat kenyal.

Mangga
Mumpung sedang musim, jangan lupa untuk mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin A ini. Vitamin A kita butuhkan untuk mengatasi kerusakan sel. Ia juga berperan aktif dalam metabolisme sel, menjaga kelembaban, dan membuat kulit halus dan lembut. Salah satu ahli nutrisi, Dr George Wolf dari Massachusett Institute of Technology, mengatakan mangga bisa membantu kulit melawan infeksi dengan cara menguatkan dinding sel dan membuat mereka lebih kebal terhadap serangan mikroorganisme jahat.

Blackberries
Tidak banyak buah yang kaya akan vitamin E, dan salah satunya adalah blackberries. Vitamin E kita butuhkan untuk meningkatkan sirkulasi oksigen dalam sel kulit, sehingga sel-sel kulit meregenerasi lebih cepat.

Kiwi
Kaya akan vitamin C, yang juga terdapat dalam apel, jeruk, anggur, dan lemon. Vitamin C sangat penting untuk menjaga kapilar darah dalam tubuh. Vitamin ini juga dibutuhkan untuk membawa darah ke seluruh sel kulit.

Alpukat
Jus alpukat termasuk minuman favorit. Tak cuma lezat, alpukat tinggi akan kandungan vitamin B komplek yang bisa membuat kulit sehat. Vitamin B2 (riboflavin) bisa mencegah kulit kusam atau berminyak, sedangkan vitamin B6 (pyridoxine) penting untuk produksi kolagen dan elastisitas kulit.

Semangka
Kulit kita kehilangan sedikit kadar airnya setiap hari, itu sebabnya kita perlu menjaganya agar tidak dehidrasi. Sepotong semangka seberat 200 gram mengadung air yang setara dengan segelas air. Tak cuma akan menjaga kulit tetap lembab, tapi semangka juga mengandung karoten, vitamin C dan antioksidan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar