Minggu, 25 September 2011

Tips Kelistrikan Honda Tiger

Yuk, Ganti Bohlam Spidometer Honda Tiger Sendiri
Seiring meningkatnya usia pakai, bohlam bisa putus. Salah satunya yang ada di dalam spidometer (lampu senja) Honda Tiger. Jika dibiarkan, saat malam hari informasi-informasi seperti kecepatan, putaran mesin, volume bensin tak terpantau.

Jangan anggap enteng informasi itu, terutama sisa isi tangki. Enggak mau kan malam-malam dorong motor, gara-gara bensin habis lantaran tak terpantau. Makanya jika ada yang mati segera ganti. Toh tak sulit, cukup luangkan sedikit waktu untuk menggantinya.

Pertama siapkan bohlamnya, ada dua macam, besar dan kecil, yang biasa disebut bohlam cabe, karena bentuknya memang imut seperti cabai. Harganya yang asli (Honda Genuine Part) Rp 5.200. Spesifikasi aslinya 12V 1,2 watt, tapi kalau susah didapat bisa pakai yang 12V 5 watt, kelebihannya jadi lebih terang.

Siap? Lanjut… Pertama lepas kabel spidometer dengan memutarnya pakai tangan, jika sulit pakai tang (gbr.1). Lalu ambil kunci bintang untuk membuka 2 baut pengikat spido (gbr.2), “Atau ada yang menyebut kunci belimbing, pakai nomor 6,” terang Safrudin, kepala mekanik AHASS Clara Motor, Kebon Jeruk, Jakbar.

Jika sudah lepas, cek bagian bawah. Di situ ada tiga baut pengikat cover. Satu di depan jelas terlihat, dua di belakang pada lubang kecil. “Lepas pakai obeng plus (gbr.3),” lanjut mekanik disapa Udin itu.


Kemudian lepas cover spido, setelah ketiga baut lepas tarik saja pelan-pelan. Nah di baliknya terlihat beberapa rangkaian kabel dan soket bohlam. Cabut keempat bohlam senja, tepatnya yang pakai kabel warna cokelat dan hijau (gbr.4).

Buat mendeteksi mana yang putus, setelah tercabut posisikan kontak ke on, lalu aktifkan sakelar lampu senja. Nah ketahuan kan mana yang putus (gbr.5). Sekarang tinggal cabut yang putus, lalu ganti baru. Nyala lagi kan?

Terakhir pasang kembali soket pada dudukannya. Lalu rakit semua yang dibongkar dengan langkah kebalikan saat membuka. Beres kan? Nah sudah nyala lagi deh (gbr.6), kemungkinan mogok di malam hari pun bisa dihindari.

Aman!
Penulis : Aant | Editor : AZ | Foto : Aant
Sumber : motorplus.otomotifnet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar